5 Fakta kamera mungil bergaya retro ini bikin kamu bebas berkreasi

5 Fakta kamera mungil bergaya retro ini bikin kamu bebas berkreasi

5 Fakta kamera mungil bergaya retro ini bikin kamu bebas berkreasi

thedangeroussummer.net - Fotografi saat ini sudah menjadi keseharian masyarakat, khususnya anak-anak muda. Nggak afdol rasanya ketika beraktivitas tanpa memotret. Apalagi saat ini ada anggapan semua orang bisa menjadi fotografer.

Maklum, untuk sekadar merekam gambar cukup menggunakan smartphone. Namun jika bicara kualitas foto, nanti dulu! Butuh perangkat atau kamera yang mumpuni.

Saat ini makin banyak produsen di industri fotografi mengeluarkan produk andalan mereka yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya. Salah satunya PT Fujifilm Indonesia yang baru-baru ini meluncurkan kamera mirrorless Fujifilm X-T100 di pasar Indonesia.

Meski kamera ini terbilang mungil dibanding pendahulunya, tapi kemampuannya jangan diragukan lho. Kamera bergaya retro ini diklaim mampu menangkap gambar dalam resolusi 14 kali lebih detail dari kamera ponsel pintar berspesifikasi tertinggi.

Nggak cuma itu, kamera ini juga dilengkapi sederet fitur canggih seperti electronic view finder dengan perbesaran tinggi, layar LCD yang dapat digerakkan secara horizontal, dan daya tahan baterai yang lebih panjang hingga 430 frame.

”Kami percaya pada inovasi yang terbuka. Karena itu kami menggabungkan teknologi terkini untuk memberikan nilai-nilai baru yang selaras dengan semangat dan komitmen Fujifilm Indonesia. Salah satunya dengan mengembangkan produk-produk baru dan revolusioner, seperti Fujifilm XT100 Ini,” ujar Presiden Direktur PT Fujifilm Indonesia Noriyuki Kawakubo saat acara peluncuran di Jakarta, Senin (28/5).  

Kamera ini juga dilengkapi sistem deteksi gerakan autofokus dan algoritma autofokus terbaru yang membuatnya jadi lebih cepat dan lebih akurat dalam mencari titik fokus. Dikombinasikan dengan kualitas gambar dan teknologi reproduksi warna Fujifilm yang teruji selama 80 tahun, membuat kamera ini mudah dan nyaman  digunakan. Nggak heran deh jika kamera ini bisa menjadi partner yang baik bagi mereka yang ingin berpindah ke kamera mirrorless.

“Kamera ini memiliki banyak fitur untuk menangkap berbagai subjek fotografi di berbagai situasi. Ada fitur baru side flip monitor dan intelligent hybrid autofocus untuk menangkap momen-momen spontan saat berkumpul dengan keluarga dan teman atau ketika travelling,” ungkap General Manager Electronic Imaging & Consumer Printing Division Fujifilm Johannes J Rampi.

Oh iya, kamera seberat 448 gram ini dibuat dengan rangka aluminium antikarat. Desain ini sengaja dibuat untuk memberikan kesan retro. Lantas apa saja ya kelebihan kamera mirrorless mungil bergaya klasik ini? Berikut lima fakta kamera mungil ini. 

1. Desain stylish

Kamera ini hadir dengan desain retro dan stylish dalam beberapa warna. Dikombinasikan dengan teknologi reproduksi andalan Fujifilm yang telah teruji selama 80 tahun, kamera ini adalah partner penting untuk berbagai jenis medan foto.

Kamera ini tersedia dalam berbagai pilihan warna seperti dark silver, black, dan champagne gold. Desain yang serupa dengan seri X-T yang populer lebih dulu, dengan tiga tombol kontrol di bagian atas.

Kamera ini juga mengombinasikan sensor 24.2 megapixel APS-C dengan mesin gambar canggih untuk menghasilkan gambar yang berkualitas. Dikombinasikan dengan lensa Fujinon, kamera ini menghasilkan resolusi gambar tinggi, dengan kemampuan menangkap foto di situasi minim cahaya, mode wide yang lebih lebar, dan reproduksi warna yang mengagumkan.

2. Lebih mudah digunakan

Fast Autofocus dan fungsi automatic lainnya membuat kamera ini cocok untuk berbagai pengguna dengan kemampuan fotografi yang berbeda-beda. Kamera ini juga dilengkapi deteksi gerakan dan algoritma terbaru, yang dikembangkan secara khusus untuk model seri X. Sistem Intelligent Hybrid AF memberikan kebebasan bagi pengguna untuk menangkap momen-momen secara instan dan akurat. Di seri ini, SR+ Auto Mode telah mengombinasikan teknologi pengenal subjek dan gambar. Fungsi otomatis ini membuat kamera ini lebih simpel dan mudah dipakai siapapun.

3. Bisa diandalkan lho

Kamera ini cocok disandingkan dengan lensa ikonik Fujifilm X-Mount yang telah diakui kualitasnya. Kombinasi monitor tiga arah, fitur resolusi dan pembesaran yang tinggi membuat kamera ini sangat fleksibel, dapat diandalkan dan partner ideal untuk menghidupkan kreativitas.

4. Ada bluetooth juga nih

Teknologi bluetooth minim energi yang dibenamkan dalam kamera ini membuat proses pemindahan foto ke smartphone atau perangkat mobile lainnya bisa lebih mudah dan cepat. Fitur ini membuat X-T100 mampu memindahkan gambar bahkan saat dalam mode foto, sehingga foto dapat dipindahkan dan diunggah pada saat yang bersamaan. Kamera ini juga dapat dihubungkan dengan Fujifilm Instax SP-3 printer, dan pengguna dapat mencetak foto dalam format instax.

5. Mode film simulation dan advanced filter yang unik

Kamera ini menghadirkan 11 variasi mode film simulation dan 17 variasi advanced filters sehingga memberikan kebebasan pengguna untuk mengolah foto dengan ekspresi artistik tanpa batas dan memberikan efek film di foto-foto yang dihasilkan.

Fitur ini dapat digunakan dengan mudah melalui one-step operation menggunakan tombol fungsi, tombol exposure compensation, dan fungsi touch-and-flick di layar LCD. Semua fitur ini didesain untuk meningkatkan kebebasan berfotografi.