5 Gadget ini ramah lingkungan, ada mouse dari gabus

5 Gadget ini ramah lingkungan, ada mouse dari gabus

5 Gadget ini ramah lingkungan, ada mouse dari gabus

thedangeroussummer.net - Perkembangan teknologi kini semakin pesat. Kecanggihan yang ditawarkan pun membuat hidup manusia berjalan lebih mudah.

Permasalahannya, pesatnya perkembangan teknologi tersebut tanpa disadari memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Penggunaan alat elektronik yang membutuhkan listrik, misalnya. Semakin sering ia digunakan, maka semakin banyak pula listrik yang dikonsumsi, dengan begitu asap yang keluar dari pembangkit listrik pun semakin banyak. Akibatnya, polusi udara semakin membahayakan.

Melihat hal tersebut, beberapa orang pun terdorong untuk membuat gadget yang ramah lingkungan. Hal tersebut dimaksudkan guna meminimalisasi, bahkan menihilkan, dampak negatif yang ditimbulkan gadget. Penasaran apa saja?

Berikut telah brilio.net rangkum lima gadget yang ramah lingkungan dari berbagai sumber. Yuk, simak! Keren-keren, nih.

1. Mouse dari plastik daur ulang dan gabus.

foto: inhabitat.com

Tetikus ini menggunakan beberapa komponen piezoelektrik yang terbuat dari plastik daur ulang dan gabus. Setiap kali penggunanya melakukan klik atau memindahkan gulir, maka tetikus ini akan menghasilkan energi kinetik.

2. Speaker dari bambu.

foto: petergreenberg.com

Pengeras suara dari bambu ini bersifat portabel dan tidak memerlukan baterai. Hanya saja, tak seperti speaker elektronik, speaker bambu ini tidak bisa diatur tingkat suaranya.

3. Caia.

foto: inhabitat.com

Caia adalah sebuah robot yang mampu menerangi ruangan tempat ia diletakkan dengan memanfaatkan tenaga surya.

4. Pengisi daya ponsel bertenaga matahari.

foto: youtube.com

Recharging kit ini memiliki daya baterai 7.800 mAh dengan panel surya Nomad 7 yang dapat dilipat. Daya pada perangkat ini dapat terisi penuh dalam waktu 9 jam. Setelahnya, kamu bisa menggunakan gadget ini untuk mengisi daya ponsel pintarmu setidaknya 2 kali.

5. Bluetooth keyboard dari bambu.

foto: indiegogo.com

Selain pengeras suara, adapula keyboard yang terbuat dari bambu, lho. Keyboard yang dapat didaur ulang dan tidak memerlukan listrik ini memiliki karakteristik seperti keyboard keluaran Apple.